JANGAN TERPEDAYA DENGAN DUNIA

📚JANGAN TERPEDAYA DENGAN KENIKMATAN DUNIA📚

Berkata Alloh ta'ala:

لَا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَىٰ مَا مَتَّعْنَا بِهِۦٓ أَزْوَٰجًا مِّنْهُمْ وَلَا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَٱخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِينَ، وَقُلْ إِنِّىٓ أَنَا ٱلنَّذِيرُ ٱلْمُبِينُ.

"Janganlah sekali-kali kamu menujukan pandanganmu kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang-orang kafir itu), dan janganlah kamu bersedih hati terhadap mereka dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman. Dan katakanlah: "Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang menjelaskan"." (Al Hijr: 88-89)

Berkata Syaikh Ibnu Nashir Assa'dy rohimahulloh ta'ala:

{لا تَمُدَّنَّ عَيْنَيْكَ إِلَى مَا مَتَّعْنَا بِهِ أَزْوَاجًا مِنْهُمْ} أي: لا تعجب إعجابا يحملك على إشغال فكرك بشهوات الدنيا التي تمتع بها المترفون، واغترَّ بها الجاهلون، واستغن بما آتاك الله من المثاني والقرآن العظيم، {وَلا تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ} فإنهم لا خير فيهم يرجى، ولا نفع يرتقب، فلك في المؤمنين عنهم أحسن البدل وأفضل العوض، {وَاخْفِضْ جَنَاحَكَ لِلْمُؤْمِنِينَ} أي: ألن لهم جانبك، وحسِّن لهم خلقك، محبة وإكراما وتودُّدا، {وَقُلْ إِنِّي أَنَا النَّذِيرُ الْمُبِينُ} أي: قم بما عليك من النذارة وأداء الرسالة والتبليغ للقريب والبعيد والعدو والصديق، فإنك إذا فعلت ذلك فليس عليك من حسابهم من شيء، وما من حسابك عليهم من شيء.

""Janganlah sekali-kali kamu menujukan pandanganmu kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang-orang kafir itu)," yaitu jangan engkau terpesona yang akan membawamu untuk sibuk memikirkan kenikmatan duniawi yang dinikmati oleh orang-orang yang hidup mewah, dan membuat tertipu olehnya orang-orang bodoh. Dan merasa cukuplah dengan apa yang Alloh berikan kepadamu berupa (bacaan Alfatihah) yang diulang-ulang dan Al-Quran yang agung. Janganlah pula merasa sedih terhadap mereka, karena mereka tidak memiliki kebaikan yang bisa diharapkan atau manfaat yang ditunggu darinya. Cukup bagimu yang ada pada orang-orang beriman lebih baik dari mereka, sebagai pengganti dan penebus yang lebih baik.

"Dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman", yaitu berlemah-lembutlah kepada mereka, dan tunjukkan akhlak yang baik kepada mereka, berikan cinta, pemuliaan, dan kedekatan. "Dan katakanlah, 'Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan yang jelas.'", yaitu tunaikanlah kewajibanmu dalam memberi peringatan, menyampaikan risalah, dan berda'wah kepada mereka, baik yang dekat maupun yang jauh, baik yang menjadi musuh maupun yang menjadi teman. Jika engkau melakukan hal itu, maka engkau tidak akan diminta pertanggungjawaban apa pun terhadap mereka, dan mereka juga tidak akan dimintai pertanggungjawaban terhadapmu."

📖 Tafsir Al-Sa'di, Halaman 434.

🖋: Abu Ibrohim Saiid AlMakassary
Telegram:
@ilmui: https://t.me/ilmui

Comments